Bagaimana Jika Tawaran Kerja Berdatangan

Bagaimana Jika Tawaran Kerja Berdatangan

Di zaman sekarang, mencari kerja tentu bukan perkara mudah. Para pelamar dihadapkan dengan banyaknya kompetior serta minimnya lapangan kerja. Diterima di satu perusahaan saja rasanya sudah senang, bukan?

Dalam masa pencarian karier, mengirim surat lamaran ke berbagai perusahaan memang hal yang wajar dilakukan. Namun bagaimana jika tawaran yang datang kepada Anda lebih dari satu di saat yang bersamaan? Terlebih ketika Anda sudah menerima bahkan bekerja di sebuah perusahaan. Bagaimanakah harus menentukan pilihan? Simak empat tipsnya berikut ini:

1. Cari yang Tepat
Baru beberapa bulan bahkan hari mulai bekerja di sebuah perusahaan A, sudah dapat tawaran di perusahaan B? Dikutip dari BBC, tak ada salahnya untuk menerima panggilan wawancara di perusahaan B. Jika penghasilan, fasilitas, serta tunjangan yang ditawarkan lebih besar dan menjanjikan dari perusahaan A, mengapa tidak diterima? Menurut pendiri konsultan kepemimpinan, Fred Kiel, berubah pikiran dalam waktu beberapa hari pertama bukan hal yang salah. "Semua orang bisa mengalami situasi ini, untuk mengundurkan diri beberapa hari setelah bekerja di suatu perusahaan bukan merupakan dosa besar," kata Fred.

Bekerja di tempat yang lebih cocok juga menguntungkan baik untuk Anda maupun kantor yang ingin ditinggalkan. Karena artinya Anda akan lebih berkomitmen dalam pekerjaaan sehingga tidak menyulitkan perusahaan A dan lebih menghemat waktu untuk mencapai kesuksesan.

2. Pertimbangkan Etika
Meski meninggalkan perusahaan padahal belum lama bekerja tidak dilarang, Anda tetap harus berhati-hati. Sebagian perusahaan menetapkan sistem kontrak pada pekerja baru sehingga Anda tidak bisa sembarangan pergi begitu saja. Selain itu, ada kemungkinan Anda dianggap sebagai seorang pekerja yang kurang profesional. Hal ini tentu akan berbahaya terutama jika Anda bekerja di bidang yang komunitasnya sempit, seperti keamanan IT atau fashion. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menerima tawaran baru, pertimbangkan terlebih dahulu konsekuensi jangka panjangnya.

"Sekali Anda membuat komitmen dan menandatangani kontrak dengan sebuah organisasi, itu bisa sangat merusak dan tidak mungkin keluar. Sumber daya dalam industri dan pasar sangat kecil, ini bisa mempengaruhi karier dan reputasi Anda ke depannya," ungkap Adam Lloyd selaku pemimpin dari sebuah firma pencarian.

3. Minta Maaf
Meski senang mendapat pekerjaan baru, pasti Anda merasa bersalah jika harus meninggalkan perusahaan padahal baru sebentar bekerja di sana. Walau tidak sepenuhnya bersalah, Anda sebaiknya meminta maaf. Jika diterimanya Anda melibatkan sebuah agensi, jangan lupa pula untuk menghubungi perusahaan itu pula. Hindari mengontak melalui email. Ada baiknya permintaan maaf dan penjelasan dilakukan langsung melalui telepon karena lebih sopan.

"Buat penjelasan Anda sesederhana mungkin dan tidak terbelit-belit. Jelaskan pula bila Anda dihadapkan dengan keputusan yang berat tetapi pilihan Anda adalah yang paling profesional dan akan mempengaruhi karier Anda ke depannya," saran Kristen Coppins selaku pemimpin agensi kepegawaian.

4. Menghindari
Sebelum problema ini terjadi ada baiknya untuk menghindari. Karena masalah seperti ini akan memusingkan kedua belah pihak. Mark Zafra, seorang senior direktur dari perusahaan jasa keuangan menyarankan agar Anda berbicara terus terang kepada perekrut saat wawancara. "Biasanya aku akan mengatakan kepada perekrut bahwa aku mendapatkan satu tawaran kerja minggu depan. Terutama jika aku benar-benar menginginkan itu." sarannya.


Terima kasih telah berkunjung di Lowongan , Lowongan Kerja , Loker Terbaru , info karir BUMN , maupun Swasta jenjang Karir SMP, SMA, SMK, D1, D2, D3, D4, dan S1 Semoga info Karir ini membantu Anda mendapat pekerjaan. Semua isi dari pemasang iklan diluar tanggung jawab kami. Berhati-hatilah dengan informasi lowongan palsu, Info karir ini berkategory:

Tips Mencari Loker dengan judul Bagaimana Jika Tawaran Kerja Berdatangan. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu melalui media sosial dibawah Judul diatas ya... By : Karir SMA/K
0 Komentar untuk "Bagaimana Jika Tawaran Kerja Berdatangan"

Back To Top