Lima Hal Menulis Surat Lamaran dan CV agar Dilirik Perekrut

Lima Hal Menulis Surat Lamaran dan CV agar Dilirik Perekrut

Orang-orang yang sedang giat mendapatkan pekerjaan tak jarang menyebarkan lamaran ke banyak perusahaan. Hal tersebut terkadang membuat lamaran kerja serta CV yang mereka kirimkan menjadi tidak spesial dan terkesan asal. Untuk menghindari hal ini, siapkanlah berkas-berkas tersebut secara matang serta spesifik. Sebelum mengirimkannya pastikan pula jika CV dan lamaran lolos dari standar kriteria 'CV dan lamaran potensial'. Lalu seperti apa CV dan lamaran yang potensial tersebut? Berikut lima kriterianya:

1. Memenuhi Kriteria
Sebelum percaya diri mengirimkan lamaran ke satu atau banyak perusahaan, pastikan terlebih dulu jika Anda benar memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Dikutip dari BBC, paling tidak Anda harus memenuhi 70% dari kriteria yang perusahaan ajukan pada iklan lowongan kerja.

2. Subyek Email yang Tepat
Ketika mengirim lamaran via email, pastikan jika Anda tidak lupa mencantumkan judul pada subyek email. Umumnya judul itu dipergunakan untuk menjelaskan posisi apa yang ingin anda lamar. Agar lebih menarik mata perekrut dan mudah diingat serta dicari, jangan hanya menaruh nama jabatan yang dilamar saja, tapi juga nama lengkap Anda.

3. CV dan Lamaran yang Stand Out
Ketika memilih calon karyawan, tak jarang para perekrut menilai dari berbagai aspek tak cuma dari sisi intelegensi. Meski Anda tidak terlalu pintar atau berpengalaman, Anda bisa menarik perhatian perekrut dan membuat perekrut 'jatuh cinta' dengan CV dan lamaran yang meyakinkan. Selain dengan mencantumkan segala pengalaman dan pendidikan non formal, Anda pun bisa mengambil hati perusahaan dengan mengirim CV dan lamaran yang unik dan stand out. Misalnya dengan membuat CV berupa gambar atau lamaran dengan dengan penyampaian seperti puisi.

4. Menunjukkan Kemampuan
Dalam CV atau lamaran, perhatikan pula apakah Anda tergambar sebagai orang yang bisa memberikan kontribusi pada perusahaan. Pastikan jika pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi, serta kepribadian yang dimiliki membuat Anda terlihat sebagai orang yang bisa memecahkan masalah ketika nanti menjabat posisi tersebut. Hindari hanya mendeskripsikan diri dengan kata-kata klise seperti pekerja keras atau bertanggung jawab namun tidak mencantumkan pengalaman terkait sifat tersebut.

5. Mengikuti Instruksi 
Salah satu hal yang membuat perekrut ilfil (hilang feeling) ketika menilai lamaran seseorang adalah ketika pelamar tidak mengikuti aturan yang ditetapkan. Misalnya jika dalam iklan lowongan kerja pelamar diharuskan mencantumkan foto terbaru. Ternyata pelamar itu lupa mengikutsertakan foto dalam lamaran atau CV-nya. Perekrut pun bisa menganggap jika si pelamar sudah sulit mengikuti aturan kecil sejak awal, apalagi nanti jika diberi aturan berat

Terima kasih telah berkunjung di Lowongan , Lowongan Kerja , Loker Terbaru , info karir BUMN , maupun Swasta jenjang Karir SMP, SMA, SMK, D1, D2, D3, D4, dan S1 Semoga info Karir ini membantu Anda mendapat pekerjaan. Semua isi dari pemasang iklan diluar tanggung jawab kami. Berhati-hatilah dengan informasi lowongan palsu, Info karir ini berkategory:

Tips Mencari Loker dengan judul Lima Hal Menulis Surat Lamaran dan CV agar Dilirik Perekrut. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu melalui media sosial dibawah Judul diatas ya... By : Karir SMA/K
0 Komentar untuk "Lima Hal Menulis Surat Lamaran dan CV agar Dilirik Perekrut"

Back To Top